Menyediakan Layanan untuk Tamu bagi Seorang Housekeeping Hotel

Description

Deskripsi Pelatihan


Dalam bisnis hotel atau penginapan, peran housekeeping itu sangatlah penting. Karena jika tidak ada housekeeping, sebuah tempat penginapan atau hotel biasanya menjadi kurang terawat dan terjaga kebersihannya. Dengan banyaknya penginapan dan hotel di Indonesia, justru membuka peluang pekerjaan yang besar bagi seorang housekeeping hotel.

Pelatihan ini akan melatih peserta untuk menguasai kompetensi Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu (I.55HDR00.010.2). Peserta akan dilatih untuk memiliki pengetahuan tentang sistem pelayanan petugas housekeeping, tentang cara membersihkan lokasi/area dan peralatan, tentang hygiene dan sanitasi serta prosedur Kesehatan Covid-19; menyiapkan kamar untuk tamu, menangani linen dan pakaian tamu, keterampilan dalam teknik menjual, penggunaan Bahasa, sikap perilaku kesopanan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan ketelitian serta ketepatan. Pelatihan ini mempersiapkan peserta agar mampu terjun ke dunia pekerjaan, khususnya untuk jabatan seorang housekeeping attendant atau petugas kebersihan, baik di dalam sebuah hotel / apartemen, restoran, klub, dan lembaga. 


Tujuan Umum : 

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat menguasai keahlian-keahlian dasar yang diperlukan oleh seorang housekeeping attendant untuk memberikan layanan dan keramahtamahan  di housekeeping  dengan baik dan benar. 


Tujuan Khusus : 

-  Peserta memiliki pengetahuan tentang sistem pelayanan di housekeeping dan hygine sanitasi serta prosedur kesehatan Covid-19
-  Peserta mendemonstrasikan keahlian layanan housekeeping untuk tamu.
-  Peserta mendemonstrasikan keahlian menyiapkan kamar untuk tamu 
-  Peserta mendemonstrasikan penanganan linen dan pakaian tamu 
-  Peserta mendemonstrasikan layanan seragam kerja
-  Peserta mendemonstrasikan menyediakan layanan turn down.
-  Peserta mendemonstrasikan pembersihkan lokasi/area dan peralatan
-  Peserta mendemonstrasikan Pembersihan dinding dan kaca luar menggunakan alat bantu khusus.
-  Peserta mendemonstrasikan layanan turn down
-  Peserta mendemonstrasikan komunikasi dengan pelanggan
-  Peserta mendemonstrasikan keahlian menawarkan dan merekomendasikan suatu produk kepada konsumen
-  Peserta mendemonstrasikan penanganan keluhan.
-  Peserta memiliki sikap sopan santun, teliti, dan tepat dalam melayani tamu


Aspek Kompetensi 
       A.  Pengetahuan

       Kompetensi yang Dinilai
          -  Pengetahuan Tentang Sistem Pelayanan di Housekeeping
          -  Pengetahuan Dasar Tentang Housekeeping 
          -  Hygiene dan Sanitasi, termasuk Prosedur Kesehatan Covid-19

        Materi yang diajar 

       B.  Keterampilan 

       Kompetensi yang Dinilai

- Mampu Memberikan layanan housekeeping untuk tamu.
- Mampu Menyiapkan kamar untuk tamu.
- Mampu Penanganan linen dan pakaian tamu 
- Mampu Mengikuti prosedur layanan seragam kerja 
- Mampu Pembersihkan lokasi/area dan peralatan.
- Mampu Pembersihan dinding dan kaca luar menggunakan alat bantu khusus.
- Mampu Menyediakan layanan turn down.
- Mampu Melakukan komunikasi dengan tamu/pelanggan.
- Mampu Memberikan rekomendasi kepada tamu.
- Mampu Mengatasi keluhan dan kekecewaan tamu.

        Materi yang diajar 

1. Persiapan di bagian Order Taker
2. Persiapan Bekerja
3. Briefing Untuk Operasional Pelayanan dan pengetahuan produk
4. Memasuki kamar tamu dan melakukan pembersihan
5. Koordinasi dengan FO
6. Menerima Laundry Tamu
7. Mengembalikan laundry tamu
8. Mengikuti prosedur layanan seragam kerja  
9. Pembersihan Lokasi Area dan Peralatan 
10. Pembersihan Offices dan Fasilitas Umum
11. Pembersihan Ruang Meeting
12. Pembersihan Dinding dan Kaca Luar Menggunakan Alat Bantu 
13. Working Safety
14. Menyediakan layanan turn down.
15. Order Taker
16. Housekeeping Attendant 
17. Pengetahuan tentang produk dan jasa
18. Mengatasi keluhan
19. Mengatasi keluhan tertulis


     C.  Sikap
       Kompetensi yang Dinilai
           -  Perilaku Sopan Santun & Kepercayaan diri di Hosekeeping.
           -  Ketelitian dan Ketepatan

        Materi yang diajar 
               1. Tentang Kepercayaan Diri
               2. Tentang Perilaku Sopan Santun
               3. Teliti dalam pembersihan kamar, kamar mandi, public area
               4. Tepat dalam memberikan harga list laundry, bill laundry tamu, dan merespon permintaan

Metode Ajar : LMS
Konseling : Jumat 17.00-18.00 bersama Yunierlita Ginting


Catatan:

- Apabila peserta memiliki pertanyaan berkaitan materi kursus dan ingin konsultasi langsung, silakan mengikuti zoom di tiap Jumat, pukul 17.00 - 18.00 WIB.

- Zoom dilakukan di tiap minggunya dan peserta bisa mengikuti berulang kali setiap satu kali seminggu. Cek link zoom yang dikirimkan melalui email dan silakan bergabung.

- Sesi konsultasi ini bersifat tidak wajib.

What will you learn
  • Pengetahuan tentang sistem layanan, housekeeping, hygiene & sanitasi serta prosedur Kesehatan Covid-19

  • Keterampilan untuk menjadi Housekeeping Hotel

  • Sikap yang diperlukan untuk menjadi Housekeeping Hotel


Requirements
  • Pendidikan Minimal SMA atau sederajat
  • Memiliki telepon seluler atau gawai yang terkoneksi ke internet

About instructor

Name : Yunierlita Ginting
Reviews : 0 Reviews
Kursus : 0 Kursus

Reviews

0
Based on 0 Reviews
1 Stars
2 Stars
3 Stars
4 Stars
5 Stars